Translate

Rabu, 11 Juni 2014

NISFU SYA'BAN


                Dalam al-Qur'an surat al-Taubah ayat 36 dikatakan bahwa jumlah bulan dalam satu tahun ada 12 dan ada 4 bulan yang diutamakan yang artinya sebagai berikut  :
                "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS At-Taubah: 36)


        Menurut pendapat Ulama salah satu bulan yang diutamakan tersebut adalah bulan Sya'ban sebagaimana disebutkan :

                 "Al-Rojabu Syahrulloh wa sya'bana syahriy wa romadhona syahru ummatiy"
Artinya : " Rajab adalah bulan Alloh SWT ,sya'ban adalah bulanku (Nabi Muhammad saw)                    dan romadhon adalah bulannya umatku"
 
           Rajab dikatakan sebagai bulan Alloh SWT karena pada bulan tersebut Alloh SWT memberi kebaikan dan mengabaikan keburukan yang diperbuat umat muslim.Sesuai huruf dari kata ROJAB ( ro, jim, ba ) maka diartikan bahwa pada bulan tersebut  Alloh swt melimpahkan rahmat / kasih sayang , mengabaikan dosa/huruf jim , dan memberi kebaikan /birrun. 
               Sedangkan bulan sya'ban dikatakan sebagai bulan Nabi Muhammad SAW, karena pada bulan ini Beliau melakukan pendekatan yang lebih banyak dan sungguh2 untuk menghadapi serta mempersiapkan datangnya bulan ramadhan, serta bulan dimana dalam satu tahun amal manusia diangkat dan dilaporkan kepada Alloh swt. Sebagaimana dikatakan dalam hadis :
   

         1. Artinya : "Sesungguhnya Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Aku tidak pernah sekali pun melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali (pada) bulan Ramadan, dan aku tidak pernah melihat  Beliau berpuasa pada kebanyakan hari seperti di bulan Sya’ban.” (HR. al-Bukhari: 1868 dan HR. Muslim: 782)

            2. Dalam hadits yang lain, Usamah bin Zaid berkata,

              Artinya;“Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa dalam beberapa bulan seperti puasamu di bulan Sya’ban. Beliau menjawab, ‘Itu adalah satu bulan yang manusia lalai darinya. (Bulan itu adalah) bulan antara Rajab dan Ramadan, dan pada bulan itu amalan-amalan manusia diangkat kepada Rabbul ‘alamin, maka aku ingin supaya amalanku diangkat pada saat aku berpuasa.’ ” (HR. an-Nasa’i: 1/322, dinilai shahih oleh al-Albani dalam Irwa’ al-Ghalil: 4/103)


              Adapun amal ibadah yang dilakukan Rosululloh SAW pada bulan sya'ban adalah sebagaimana disebutkan dalam hadis2 berikut :

1.  Hadis yang artinya :       
        "Aisyah RA bercerita bahwa pada suatu malam dia kehilangan Rasulullah SAW, ia keluar mencari dan akhirnya menemukan beliau di pekuburan Baqi’, sedang menengadahkan wajahnya ke langit. Beliau berkata, “Sesungguhnya Allah Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam Nishfu Sya’ban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi jumlah bulu domba Bani Kalb.” (HR Turmudzi, Ahmad dan Ibnu Majah).

2.Hadis artinya:

         "Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ “Sesungguhnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban mengawasi seluruh mahluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan.” (HR Ibnu Majah)

3.Hadis yang artinya:

        "Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam Nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, adakah yang begini (2x), demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah).

              Dari beberapa hadis tersebut dapat kita simpulkan bahwa :
1. Bulan sya'ban adalah salah satu bulan yang diutamakan 
2. Bulan sya'ban sebaiknya diisi dengan amal2 ibadah sebgaimana yang dilakukan oleh Rosul
     terutama pada malam tanggal 15 sya'ban/ setengahnya bulan sya'ban/ nisfu sya'ban
3. Ibadah di bulan sya'ban antara lain : qiyamullail dimalam hari, dan puasa sunnah siangnya
4. Kita juga boleh berziarah qubur mendokan para Muslimin/ Ulama yg telah meninggal
5. Hendaknya kita memohon ampun dari dosa2 karena pd malam itu dilaporkannya amal kt
                                                
                                                                                         Cilacap, kamis pahing, 14 sya'ban 1345 H
                                                                                                                                 12 Juni 2014

Tidak ada komentar: