Translate

Minggu, 03 Februari 2013

Iman dan Amal

Ada 2 hal yang memiliki kelebihan / keutamaan dibanding dengan berbagai hal / apapun yang dimiliki dan dilakukan oleh manusia, yaitu :
1. Iman kepada Alloh SWT
    Iman atau percaya pada Existensi Alloh SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang wajib disembah dan tidak ada     dzat yang bisa disembah kecuali hanya Alloh SWT adalah hal yang paling utama dan pertama yang harus  dimiliki dan diyakini oleh manusia. Dengan iman kepada Alloh SWT akan menjadi kunci setiap kata dan   per buatan kita lahir maupu batin. Orang yang sudah percaya akan adanya Alloh SWT maka dirinya akan selalu  berpijak pada ketentuanNya. Hati, pikiran dan perbuatannya akan selalu disandarkan pada Alloh SWT.
    Maka orang ini akan bisa dipastikan selalu berpijak pada ajaran Tuhannya, yaitu Alloh SWT. Maka orang
    beriman kepada Alloh SWT adalah salah satu hal yang paling  utama dari berbagai  keutaamaan2 yang ada.
2. Bermanfaat bagi manusia
    Keutamaan yang kedua adalah, apabila manusia bisa hidup untuk orang banyak. Hidupnya bermanfaat bagi manusia bahkan untuk makhluk-makluk lain di dunia ini. Manusia yang dibekali akal budi ditugaskan sebagai pemimpin dalam arti luas. Dia harus mampu mengatur dirinya sendiri agar memiliki kegunaan bagi orang/ makhluk lain. Sebagai makhluk sosial dirinya dibutuhkan dan membutuhkan orang/ maklhuk lain.
Maka dapat disimpulkan bahwa, manusia sebagai makhluk individual harus memiliki iman kepada Alloh SWT sebagai kewajiban menyembah dan beriman. Sedangkan sebagai makhluk sosial dia akan bermakna apabila dirinya bermanfaat / dibutuhkan oleh makhlluk/ orang lain. Sehingga dia akan selalu exis sebagai makluk dengan hubungan vertikal kepada Alloh SWT dan hubungan horisontal kepada sesama makhluk sebagai dasar setiap kata dan perbuatannya. Wallohu' alam.

Tidak ada komentar: